Sabtu, 11 April 2020

Cara Membuat Kartu Kredit BCA Agar Cepat Disetujui

Menurut gosip yang beredar, cara membuat kartu kredit BCA itu susah. Meski sudah melengkapi persyaratan, belum tentu pengajuan langsung disetujui. Bahkan, kabarnya tak sedikit yang telah melakukan pengajuan lebih dari sekali, tapi tetap berakhir penolakan.
Benarkah demikian?
Sekalipun banyak calon nasabah kartu kredit BCA yang gugur, sebetulnya tak sedikit pula yang pengajuannya sukses diterima. Memang Bank BCA dikenal pelit menerima nasabah kartu kredit, terutama untuk pengajuan kartu kredit pemula. Namun hal ini lantaran Bank BCA tak mau asal terima nasabah untuk menghindari kemungkinan terjadinya kredit macet yang bisa merugikan perusahaan. 
Jadi, biar pengajuan kartu kredit diterima, kamu harus mampu meyakinkan bank kalau kondisi keuanganmu benar-benar layak untuk menerima kartu kredit. Mau tahu bagaimana caranya? Ikuti tahapan lengkapnya, berikut ini:

Cara membuat kartu kredit BCA dengan mudah

Cara membuat kartu kredit BCA

1. Cek dan penuhi persyaratannya dulu

Dari beragam kasus penolakan kartu kredit BCA, faktanya memang tak sedikit yang nekat apply meski jelas-jelas tak memenuhi persyaratan. Misalnya, kamu ingin membuat kartu kredit BCA Platinum, sementara penghasilan kurang dari Rp 3 juta per bulan, ya jelas ditolak.
Oleh sebab itu, yuk cek dulu persyaratan pengajuan kartu kredit BCA. Berikut daftar lengkapnya:

Persyaratan
Wiraswasta
Karyawan
Dokter / Notaris
WNA
Ibu Rumah Tangga
Minimum pendapatan
Rp 3 Jt per Bulan
Usia
Kartu Utama: 21-65 tahun
Kartu Tambahan: 17-65 tahun
Fotokopi KTP atau paspor
Fotokopi KITAS
Keterangan Penghasilan (Slip Gaji/SPT/Surat Keterangan Penghasilan dari Perusahaan
Fotokopi Rekening Koran/Rekening Tabungan 3 Bulan Terakhir
Fotokopi Surat Ijin Praktek
Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan/SIUP
Fotokopi Tagihan Kartu Kredit 1 Bulan Terakhir/ Fotokopi Kartu Kredit
Fotokopi NPWP
Jika semua persyaratan sudah dipenuhi, mari ke tahap selanjutnya.

2. Melengkapi formulir aplikasi kartu kredit BCA

Jika dulu satu-satunya cara membuat kartu kredit BCA adalah dengan mendatangi kantor cabang BCA terdekat, sekarang prosedurnya lebih bervariasi. 
Kamu dapat melengkapi formulir pengajuan dengan mengakses Layanan Aplikasi Online  atau menggunakan layanan Personal Assistance yang tersedia di situs pengajuan kartu kredit BCA. Berikut ini caranya:
  1. Pengisian formulir pengajuan melalui aplikasi online

    1. Klik menu “Layanan Aplikasi Online” pada halaman pengajuan kartu kredit BCA.
    2. Klik menu “Lihat Semua Kartu” untuk memilih kartu kredit BCA atau jawab pertanyaan yang tersedia untuk mendapatkan rekomendasi kartu kredit BCA yang sesuai kebutuhanmu. Pertanyaan tersebut meliputi fasilitas kartu yang diinginkan, penggunaan kartu, serta pendapatan bulanan.
    3. Cermati deskripsi dan biaya pilihan kartu kredit yang diberikan, lalu tekan tombol “Pilih” di bawah jenis kartu kredit yang diinginkan.
    4. Klik “Lanjutkan”.
    5. Lengkapi data diri yang diminta, meliputi data pribadi, aplikasi tambahan, data verifikasi, dan data pelengkap lainnya.
  2. Pengisian formulir melalui layanan Personal Assistance

    1. Klik menu “Layanan Personal Assistance”.
    2. Klik “Kirim” setelah melengkapi formulir data diri yang ditimpa.
    3. Selanjutnya, pihak Bank BCA akan menghubungi dan mengirimkan aplikasi pengajuan, kartu kredit, serta menjemput dokumen pendukung yang diperlukan dalam pengajuan kartu kredit BCA. 

Pengisian formulir secara offline

Jika kamu ingin membuat kartu kredit BCA langsung di kantor cabang, kamu bisa terlebih dulu mengunduh formulir pengajuannya di sini. Dengan begitu, kamu tak perlu mengantre atau menunggu lama di kantor cabang BCA.

3. Serahkan dokumen persyaratan ke kantor cabang BCA

Jika sebelumnya kamu melakukan pengajuan melalui menu Layanan Aplikasi Online, kamu akan menerima email notifikasi atas pengajuan kartu kredit yang dilakukan, dari alamat pengirim apply_cc@bca.co.id yang berisi informasi:
  • Pernyataan bahwa BCA telah menerima pengajuan aplikasi kartu kredit
  • Nomor registrasi pengajuan aplikasi
  • Petunjuk untuk mencetak surat konfirmasi aplikasi, serta dokumen persyaratan yang diperlukan.
Oleh sebab itu, langkah selanjutnya adalah menyiapkan dokumen persyaratan, disertai surat konfirmasi yang telah dicetak dan ditandatangani. 
Penyerahan dokumen dapat ditujukan ke customer service officer di kantor cabang BCA atau melalui pos ke alamat yang tercantum pada surat konfirmasi. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan jika kamu telah menjadi nasabah BCA sebelumnya.
Jika kamu menggunakan layanan Personal Assistance kamu  bisa meminta pihak BCA menjemput dokumen pendukung yang diperlukan. 

4. Mengikuti proses verifikasi

Cara membuat kartu kredit BCA selanjutnya adalah mengikuti proses verifikasi. Verifikasi dilakukan pihak bank dengan menghubungi calon nasabah maupun saudara atau kerabat tak serumah yang kontaknya dicantumkan dalam formulir pengajuan. 
Oleh karena itu, pastikan kamu dan kerabatmu selalu stand by menerima panggilan telepon dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar dan meyakinkan. 
5. Menunggu kartu kredit sampai di rumah
Pihak bank biasanya perlu 14-21 hari kerja untuk memproses pengajuan kartu kredit. Jika hasil pengajuan diterima, kamu akan menerima notifikasi melalui SMS. 
Meski begitu, tak sedikit pula nasabah yang menerima kartu kredit, sekalipun belum mendapatkan notifikasi persetujuan dari bank. 
Biar tidak penasaran terlalu lama, cek status pengajuan kartu kreditmu saja. Caranya mudah, kamu bisa cek sendiri status pengajuan kartu kedit di sini atau hubungi Halo BCA di 1500888.
Selain melakukan tahapan di atas, cara membuat kartu kredit BCA lainnya adalah melalui SMS dengan format: APPLY (spasi) KK#NAMA#Kota Domisili, kirim ke 69888.

Cara aktivasi kartu kredit BCA

cara membuat kartu kredit bca
Meski kartu kredit BCA sudah ada di tangan, tak lantas bisa langsung digunakan. Ada satu proses lagi yang perlu dilakukan, yakni aktivasi kartu kredit BCA. 
Tenang, aktivasi kartu kredit BCA gampang dilakukan dan tak makan banyak waktu.  Ikuti caranya, berikut ini:

1. Cara aktivasi kartu kredit BCA via SMS

Ketik: AKT(spasi)KK#Nomor Kartu Kredit#Tanggal lahir
Contoh: AKT KK#1234567890123#110191
Lalu, kirim ke 69888.

2. Cara aktivasi kartu kredit BCA melalui Halo BCA

  • Hubungi 1500888
  • Pilih “Layanan Kartu Kredit BCA”
  • Pilih “Aktivasi Kartu Kredit”
  • Input 16 digit nomor Kartu Kredit BCA
  • Input tanggal lahir (DDMMYY)
Jika aktivasi kartu kredit berhasil, kamu akan menerima SMS notifikasi berhasil aktivasi. Kartu kreditmu sudah bisa digunakan!
Buat kamu yang sudah mencoba seluruh cara di atas, jangan patah hati dulu. Tak jarang, pengajuan kartu kredit ditolak karena pihak bank gagal melakukan proses verifikasi atau kesulitan menghubungi calon nasabah atau kerabat terkait.
Selain itu, pastikan kamu tidak memiliki riwayat kredit yang buruk, seperti hobi telat bayar cicilan. Sebab, bank akan memeriksa riwayat kredit calon nasabahnya melalui SLIK OJK (Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan). 
Bank akan menilai nasabah dengan rekam kredit yang buruk, tak layak memiliki kartu kredit, sehingga pengajuan kartu kreditnya pasti akan ditolak. Jika kamu sudah yakin riwayat kredit mulus, persyaratan terpenuhi, dan kerabat bisa membantumu untuk proses verifikasi, cobalah ajukan kartu kredit BCA kembali tiga bulan setelah pengajuan pertama.  
Setelah punya kartu kredit, bertransaksi memang bisa jadi lebih mudah. Apalagi, ada banyak promo dan keuntungan yang bisa didapatkan oleh pemegang kartu kredit. Kamu juga bisa memantau pengeluaran melalui riwayat transaksi, sehingga bisa mengelola keuangan dengan lebih  mudah.
Tapi, keuntungan kartu kredit ini bisa sirna begitu saja jika tak tepat penggunaannya. Misalnya, main gesek begitu lihat barang idaman atau memegang teguh prinsip “mumpung lagi diskon”. Jika begitu, siap-siap gaji habis cuma buat bayar tagihan. 
Semoga cara membuat kartu kredit BCA di atas berguna buatmu ya. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar